Mauricio Pellegrino Lepas Posisi Pelatih Alaves


Pencapaian Alaves di musim ini tergolong mengagumkan. Tim ini baru promosi dan mampu masuk 10 teratas klasemen akhir La Liga. Alaves juga berhasil mencapai babak final Copa del Rey sampai akhirnya dikandaskan oleh permainan mengerikan dari Barcelona.

Mauricio Pellegrino Lepas Posisi Pelatih Alaves

Mauricio Pellegrino Lepas Posisi Pelatih Alaves

Tentunya sangat disayangkan jika pelatih mereka Mauricio Pellegrino memutuskan untuk meninggalkan klub ini. Ya, ternyata eks bek Argentina ini akan pergi dari Alaves tepat setelah mereka menjalani partai final Copa del Rey.

Pellegrino berhasil membawa Alaves naik ke peringkat sembilan La Liga serta sempat mengalahkan tim-tim besar seperti Barcelona, Valencia, dan Villareal sepanjang La Liga musim ini. Kekalahan 3-1 atas Barca pada hari sabtu lalu resmi menutup karir Pellegrino bersama Alaves.

Pelatih berusia 45 tahun itu menyatakan bahwa kepergiannya dari tim di musim ini dikarenakan karena tujuannya untuk menjadi pelatih Alaves sudah terwujud. Ia ingin menghilangkah kenangan buruk yang tak pernah lepas dari tidurnya kala ia membela Alaves sebagai pemain pada musim 2005/2006. Ketika itu, Alaves berakhir dengan meraih hasil degradasi dari divisi utama La Liga.

Kenangan tersebut menjadi begitu melekat karena Alaves adalah klub yang dibela oleh Pellegrino sebelum memutuska untuk pensiun. Begitu Alaves terdegradasi, Pellegrino kemudian segera pensiun dari dunia sepakbola.

“Saya ingin mengumumkan kalau saya tidak akan berada disini lagi pada musim depan. Kami telah membicarakan tentang beberapa kali, tapi saya memutuskan yang terbaik yaitu menunggu menyatakannya sampai setelah final,” begitu yang disampaikan oleh Pellegrino kala menyampaikan pengunduran dirinya sebagai pelatih.

“Saya merasa sangat senang menjadi pelatih disini. Ketika saya datang, saya ingin membuang kenangan ketika saya disini sebagai seorang pemain, dan semoga kami telah melakukannya. Saya juga ingin berterimakasih pada semua orang di klub untuk bantuan mereka, dan terutama para pemain yang telah membantu menempatkan Alaves ke tempat seharusnya mereka berada. Ini adalah sebuah tim yang saya yakin akan terus mencapai tujuan mereka.”

Pellegrino sempat malang melintang ketika menjadi pelatih bola. Ia juga sempat beberapa kali terlibat menjadi asisten dibawah asuhan pelatih Rafael Benitez. Tercatat ia sempat menjadi asisten Benitez ketika berada di Liverpool dan Inter Milan.