Luis Enrique Tidak Sedih Tinggalkan Barcelona


Luis Enrique menegaskan bahwa ia sama sekali tidak merasakan kesedihan begitu meninggalkan Barcelona setelah berhasil membawa tim ini memenangkan gelar juara terakhir yaitu Copa del Rey. Barcelona baru saja memenangkan Copa del Rey dengan skor 3-1 menghadapi Alaves pada pertandingan terakhir bersama Luis Enrique. Hasil ini setidaknya cukup mengurangi rasa kecewa mengingat El Barca gagal memenangi La Liga dan harus tersingkir pada babak perempat final Liga Champions.

Luis Enrique Tidak Sedih Tinggalkan Barcelona

Luis Enrique Tidak Sedih Tinggalkan Barcelona

Enrique, yang sudah mengumumkan kepindahan dari Barca di akhir musim ini sejak bulan Maret lalu, berkata bahwa sekarang ia bisa pergi dari Barcelona dengan kepala tegak. Apalagi, keputusan untuk pergi meninggalkan Barcelona merupakan sesuatu yang ia putuskan sendiri.

“Tidak ada kesedihan sama sekali, yang ada hanya kegembiraan,” ujar Enrique pasca pertandingan. “Sebenarnya, sayalah yang memutuskan bahwa lebih baik saya berhenti. Ini akan menjadi begitu indah bagi saya dan saya pikir untuk para pemain dan tim juga begitu.”

“Intensitas dari pekerjaan ini dan cara saya melakukannya, dengan ketelitian maksimum setiap harinya tenyata menimbulkan keletihan. Disini tidak ada kesedihan, justru yang ada adalah sebaliknya. Jika seseorang berkata ketika saya tiba disini bahwa saya akan punya kesempatan untuk membantu tim dan menjadi sebuah bagian atas sembilan dari 13 gelar yang bisa kami menangkan… Wah, angka itu benar-benar bagus.”

“Tentu saja kami akan menyukainya, tentu saja untuk menang liga lagi dan berjuang di Liga Champions. Itu tidak bisa dibantah lagi, tapi saya pikir para suporter menyadari upaya para pemain dan pengorbanan mereka sepanjang musim ini.”

Sebagaimana terjadi sepanjang masa kepelatihan Enrique, Barcelona lagi-lagi menampilkan permainan yang brilian dari Lionel Messi yang kembali menjadi elemen kunci atas keberhasilan Barcelona memenangkan gelar juara Copa del Rey.

Enrique sendiri menyatakan bahwa pemain yang satu ini benar-benar “dari luar angkasa”. Gol ke 54 yang dicetak Messi seolah semakin menegaskan seberapa jauh kehebatan Messi dibandingkan dengan yang lainnya.

“Ia berada di luar orang-orang biasa. Dia benar-benar luar biasa, berasal dari luar angkasa. Lihatlah apa yang ia lakukan diatas lapangan, caranya mengatasi sisa pemain lawan, superioritas yang ia hasilkan untuk kami pada setiap tindakan di pertandingan dimana ia bermain, caranya memimpin seisi tim.”

“Saya punya kesempatan untuk menikmati permainan terbaik dari Messi, atau salah satu versi terbaik dari dirinya, puncak permainannya, efisiensi tertinggi yang ia punya.”