Ajax Tempel Terus Pimpinan Klasemen


Ajax masih belum menyerah dalam persaingan gelar juara Eredivisie 2016/2017. Tim asal kota Amsterdam ini melibas lawannya Heerenven 5-1 di Amsterdam Arena. Hasil ini membuat pasukan Frank de Boer berhasil menjaga selisih 1 poin dibawah Feyenoord. Tim pemuncak klasemen ini berhasil menjaga jarak melalui kemenangan 2-0 yang diperoleh saat menghadapi Utrecht.

Ajax Tempel Terus Pimpinan Klasemen

Ajax Tempel Terus Pimpinan Klasemen

Ajax tertinggal lebih dulu setelah penyerang Reza Ghoochannejhad dari Heerenven. Akan tetapi, Nick Viergever, Matthijs de Light, dan Davy Klaassen tidak berlama-lama untuk membuat Ajax unggul kembali sehingga membuat pertandingan berakhir 3-1 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kasper Dolberg menambah keunggulan Ajax melalui eksekusi penalti yang diselesaikan dengan sempurna. Pada menit-menit akhir, David Neres menutup kemenangan Ajax dengan skor 5-1. Hasil ini tentunya melegakan para suporter Ajax mengingat timnya sempat keteteran di periode awal kompetisi setelah ditinggal sebentar oleh sang pelatih Frank de Boer.

Di tempat yang berbeda, Feyenoord berhasil mencatatkan kemenangan kandang beruntun 10 kali berturut-turut setelah mengalahkan Utrecht. Jens Toornstra dan Eljero Elia menjadi penentu gol bagi publik Rotterdam.

Sebagai seorang gelandang, pencapaian yang diraih oleh Toonstra di musim ini cukup mengesankan. Golnya ke gawang Utrecht menjadi gol ke 14 sepanjang musim. Eljero Elia yang sempat redup dan melanglang buana mencari suaka sepakbola kini menemukan tempatnya kembali bersama Feyenoord. Kehadirannya memastikan pasukan Giovanni van Bronckhorst mengamankan tiga poin di stadion De Kuip.

Feyenoord tercatat hanya dua kali kecurian poin jika bermain kandang di musim ini. Dua-duanya disebabkan oleh hasil imbang yang terjadi saat menjamu Ajax dan Heerenveen di bulan Oktober 2016 yang lalu.

Tak hanya Ajax yang berpesta, Groningen juga berhasil membukukan skor kemenangan yang telak dengan mengalahkan PEC Zwolle 5-1. Bryan Linssen dan Mimoun Mahi masing-masing mencetak dua gol. Sementara itu, gole Zwolle disarangkan oleh Nicolai Brock-Madsen.

Eredivisie pekan ini juga diwarnai dengan kejutan dimana tim peringkat bawah Go Ahead Eagles berhasil meraih kemenangan 2-0 menghadapi Willem II. Fran Sol yang bertindak sebagai pemain pengganti berhasil membuat sundulan yang berbuah gol pada menit ke 72. Berikutnya, Jari Schuurman membuat gol kedua bagi Go Ahead Eagles. Kemenangan tentunya melegakan mengingat tim ini mengalami tujuh kekalahan dari sembilan pertandingan terakhir.